Macam-Macam Sistem Ekonomi - Triple R Magazine
Macam-Macam Sistem Ekonomi

Macam-Macam Sistem Ekonomi

Share This

A. Sistem ekonomi tradisional
Sistem ekonomi ini adalah sistem yang pertama kali diterapkan manusia dalam kegiatan ekonomi. Dalam sistem ini ikatan kekeluargaan sangat kuat. Seseorang memproduksi hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan tidak mencari keuntungan. Belum mengenal alat tukar, dalam transaksi ekonomi nya menggunakan sistem barter.



B. Sistem ekonomi terpusat
Sistem ekonomi yang diatur berdasarkan komando pusat kekuasaan atau pemerintah. Semua kegiatan ekonomi dipegan dan dikuasai oleh pemerintah, sehingga rakyat biasanya pasif dan tidak memiliki keleluasaan untuk menghasilkan produk. Menurut pakar ekonomi, sistem komando ini paling tepat dan paling efisien dalam mengalokasikan sumber daya dalam perekonomian.



C. Sistem ekonomi pasar
Sistem yanv mengandalkan interaksi kekuatan antara permintaan dan penawaran sebagai alat alokasi yang efisien. Kelebihan sistem ekonomi pasar antara lain sanhat kecilnya peran pemerintah, karena segala sesuatu ditentukan oleh mekanisme pasar permintaan dan penawaran.



D. Sistem ekonomi kapilatis 
Sistem ekonomi kapitalis ditandai dengan penguasaan aset-aset produktif atau faktor produksi oleh pihak swasta atau individu. Tujuan utama kegiatan ekonomi ini adalah keuntungan.



E. Sistem ekonomi sosialis
Sistem yang mementingkan kepentinan/kemakmuran bersama. Kemakmuran individu hanya dapat dicapai melalui kemakmuran bersama sehingga penguasaan individu terhadap sumber daya produksi harus ditekan sekecil mungkin karena sebagian besar kepemilikan adalah kepemilikan sosial.

No comments:

Post a Comment

Bijak berkomentar, bijak pula dikomentari.

Pages