Analisis Bisnis Bidang Properti (Paramount Land) - Triple R Magazine
Analisis Bisnis Bidang Properti (Paramount Land)

Analisis Bisnis Bidang Properti (Paramount Land)

Share This

A. Profil Perusahaan 
Paramount land adalah properti dari PT Paramount Enterprise International (Paramount Enterprise). Salah satu perusahaan private property & lifestyle yang terkemuka di Indonesia. Paramount terlibat dalam pengembangan kota, pengembangan penggunaan campuran terpadu, real estate, dan pergudangan.

Proyek pertama dan signifikan Paramount land dalam pengembangan kota adalah perkampungan Gading Serpong, sebuah kota perkotaan yang berada tepat di luar ibu kota Indonesia Jakarta, berada di lingkungan hijau dengan kelimpahan danau alami. Lokasinya strategis karena terhubung dengan jalan tol Jakarta-Merak yang dekat dengan bandara Soekarno-Hatta International, serta mudah dijangkau dari Serang, Cilegon, dan tempat wisata Anyer. Lokasinya yang strategis juga merupakan hasil kedekatannya dengan daerah pinggiran kota modern lainnya. 

B. Fungsi Bisnis
Fungsi utama bisnis yaitu unutuk menciptakan nilai suatu produk atau jasa dengan cara yakni:
  1. Untuk mengubah bentuk bisnis (form utility) yang tidak lain dari fungsi produksi.
  2. Untuk memindahkan bentuk (place utility) atau fungsi dari distribusi.
  3. Bisnis bisa mengubah pemilikan (possessive utility) atau fungsi penjualan. 
  4. Bisnis mempunyai fungsi untuk menunda waktu kegunaan (time utility) atau fungsi pemasaran.
C. Fungsi Bisnis Paramount Land Properti
1. Fungsi bisnis produksi
Fungsi produksi adalah suatu bagian fungsi yang ada pada perusahaan yang bertugas untuk mengatur kegiatan-kegiatan yang diperlukan bagi terselenggaranya proses produksi. Tugas fungsi produksi adalah berusaha mencapai biaya produksi yang rendah, mutu produk yang tinggi, tanggapan cepat atas permintaan, dan fleksibilitas untuk membuat beragam barang yang sesuai dengan selera dan spesifikasi pelanggan (Amirullah,2002)

Empat fungsi terpenting dalam produksi dan operasi adalah : 
  • Proses pengolahan, merupakan metode atau teknik yang digunakan untuk pengolahan masukan (inputs).
  • Jasa-jasa penunjang merupakan sarana yang berupa pengorganisasian yang perlu untuk penetapan teknik dan metode yang akan dijalankan, sehingga proses pengolahan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.
  • Perencanaan, merupakan penetapan keterkaitan dan pengorganisasian dan kegiatan produksi dan operasi yang akan dilakukan dalam suatu dasar waktu atau periode tertentu.
  • Pengendalian atau perawatan merupakan fungsi untuk menjamin terlaksananya kegiatan sesuai dengan yang direncanakan, sehingga maksud dan tujuan untuk penggunaan dan pengolahan masukan (inputs) pada kenyataannya dapat dilaksanakan
PT. Paramount Enterprise merupakan salah satu pengembang properti terkemuka di Indonesia. Perusahaan ini pertama kali beroperasi sejak tanggal 18 Desember 2006 melalui pengembangan properti terpadu di kawasan tanah seluas 550 hektar yang terletak di Gading Serpong. Kota mandiri pertama miliki Paramount, Gading Serpong terletak di Kabupaten Tangerang, terletak di lingkungan hijau dengan kelimpahan danau alami dan didukung oleh infrastruktur modern termasuk jaringan transportasi. Dengan inilah Paramount memulai langkahnya menjadi salah satu developer properti Indonesia. Paramount telah berhasil meluncurkan proyek-proyek yang mampu menarik minat konsumen. Dengan ini sepak terjang Paramount di kawasan Serpong dalam industri properti patut diperhitungkan. Dengan mengusung tagline "Building Homes and People with Heart" yang diharapkan mampu menciptakan hubungan baik dengan para stakeholder.

Saat ini Paramount Land sedang mengembangkan Desa Paramount seluas -+ 9 ha di Jawa Tengah dan Paramount Hills di Sulawesi Utara pada proyek perumahan seluas 20,8 ha dengan fasilitas lengkap. Dalam waktu dekat, Paramount Enterprise berencana untuk mengembangkan beberapa kota baru di lokasi strategis lainnya yang mengarah ke barat dan selatan Jakarta, termasuk di Bogor dan Tangerang. Proyek-proyek masa depan Paramount Enterprise juga mencakup pengembangan mixed-use terpadu di Central Business District (CBD) Jakarta dan di Central Business District Pekanbaru (ibu kota provinsi Riau di Sumatera Tengah).

Pengembangan mixed-use terintegrasi lainnya yang akan segera dikembangkan terletak di lokasi yang indah di Jimbaran, Bali yang pastinya akan menjadikannya resort depan dengan pilihan yang sangat tinggi. Paramount Land bekerja sama dengan konsultan kelas dunia dalam mengembangkan proyek-proyek penting ini.

selain itu, Paramount Land juga mengakuisisi lahan di lokasi strategis di Balikpapan untuk dikembangkan menjadi real estate. Paramount Land berencana membangun real estate di kota-kota besar unutk membantu menyediakan perumahan yang layak bagi masyarakat Indonesia.

2. Fungsi bisnis distribusi
Tujuan distribusi : 
  • Menyampaikan barang atau jasa dari produsen ke konsumen
  • mempercepat sampainya hasil produksi ke tangan konsumen
  • Tercapainya pemeratan produksi 
  • Menjaga kontinuitas produksi
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi 
  • Meningkatkan nilai guna barang atau jasa
Dalam hal mencapai pemerataan produksi dan menjaga kontinuitas produksi. Saat ini, Paramount Land sedang mengakuisisi lahan di lokasi strategis di Balikpapan untuk dikembangkan menjadi real estate. Selain itu, akan segera dikembangkan terletak di lokasi yang indah di Jimbaran, Bali yang pastinya akan menjadikannya resor depan dengan pilihan yang sangat tinggi.

Tak hanya itu, Paramount Land selalu menerapkan visi "Menjadikan Paramount Land sebagai wadah tumbuh kembang di kawasan pembangunan yang sehat dan bermanfaat bagi seluruh stakeholder". Perusahaan ini telah mengembangkan produk-produk berskala besar yang meliputi gedung-gedung tinggi, fasilitas komersial, sekolah dan beberapa bangunan lain yang membantu kebutuhan konsumen dalam satu kawasan yang lengkap.

Dalam fungsi pokok distribusi terdapat juga penjualan. Di dalam pemasaran barang, selalu ada kegiatan menjual yang dilakukan oleh produsen atau bagian marketing. Pengalihan hak dari tangan produsen ke konsumen dapat dilakukan dengan penjualan. Dengan adanya kegiatan ini maka konsumen dapat menggunakan barang tersebut. 

Corporate finance account payable (AP) yang dipimpin oleh Ibu Tjap Sin Kim (GM Finance) dan Ibu Rosana sebagai manajer AP bertugas memastikan alur dan distribusi pembayaran setiap bukti keluar maupun masuk. Mulai dari pembuatan BK besera cek dan giro, proses pendatanganan oleh direksi, serah terima BK kepada divisi tax dan accounting. Mereka merupakan aset SDM yang berkompetensi, handal, dan berperan penting dalam mempercepat sampainya produk ke tangan konsumen melalui tahap distribusi.

3. Fungsi bisnis penjualan & pemasaran
Terdapat tujuh macam fungsi pemasaran, antara lain sebagai berikut:
  1. Analisis Konsumen. Merupakan sebuah pengamatan terhadap segala kebutuhan dan keinginan konsumen. Analisis konsumen ini melibatkan pengadaan survei terhadap konsumen, menganalisis informasi konsumen, pengevaluasian lokasi, pengembangan dan penentuan strategi pada segmentasi pasar secara optimal.
  2. Penjualan produk dan jasa. Penjualan produk dan jasa, yang meliputi banyak kegiatan dalam pemasaran, seperti promosi penjualan, iklan, hubungan antar dealer, publisitas, manajemen tenaga penjualan dan hubungan konsumen.
  3. Perencanaan. Perencanaan terhadap produk dan jasa diantaranya seperti berbagai kegiatan pengemasan produk, uji pemasaran, gaya produk, pemanfaatan garansi dan penyediaan layanan konsumen. Salah satu teknik perencanaan produk dan jasa yang paling efektif ialah uji pasar.
  4. Penetapan harga. Stakeholder atau lima pemangku kepentingan sangat mempengaruhi keputusan penetapan harga yakni : konsumen, pemasok, distributor, pesaing dan pemerintah.
  5. Distribusi. Distribusi, yang terdiri dari penggudangan, cakupan distribusi, saluran-saluran distribusi, wilayah penjualan, kurir transportasi, penjualan grosir, tingkat dan lokasi persediaan, ritel dan lokasi tempat ritel.
  6. Riset pemasaran. Yaitu merupakan suatu pengumpulan, pencatatan dan penganalisisan sebuah data yang sistematis berkenaan dengan berbagai macam persoalan yang terkait dengan pemasaran. Kegiatan riset ini sangat mendukung semua fungsi bisnis pokok dari sebuah organisasi.
  7. Analisis peluang. Analisis peluang, yang melibatkan penilaian terhadap biaya, resiko dan manfaatnya yang terkait dengan pemasaran. Ada tiga cara yang harus dilakukan dalam membuat analisis-biaya-manfaat (cost-benefit-analysis) yaitu : menghitung jumlah total biaya yang berkaitan dengan suatu keputusan ; memperkirakan manfaat secara total dari keputusan yang dibuat; dan membandingkan total biaya dengan manfaatnya. Jika manfaat yang diinginkan bisa melewati total biaya, maka peluang tersebut menjadi lebih menjanjikan dan menarik.
Saat ini Paramount Serpong berhasil menjelma menjadi perusahaan properti yang terkenal di Serpong. Hal ini dapat dicapai karena perusahaan selalu mengutamakan layanan dan fasilitas eksklusif yang khusus dirancang bagi pelanggan. Tak hanya itu, perusahaan juga selalu menerapkan pelayanan dengan setulus hati untuk menciptakan kepuasan serta selalu berpegang teguh pada lima kunci sukses yakni disiplin, kerja keras, jujur, peduli dan rendah hati. Paramount Land berkomitmen untuk terus mengembangkan produk properti berkualitas tinggi. Dengan slogannya "Membangun Rumah dan Orang-orang dengan Hati Di Seluruh Bangsa" Paramount Land berusaha untuk menumbuhkan standar kehidupan yang lebih tinggi bagi masyarakat di Gading Serpong dan sekitarnya. 

Beberapa masterplan Paramount Serpong antara lain Ruko Union Square, Cluster Serenade Lake, Ruko Moskow, Ruko Odessa, Ruko Boelevand, Ruko 5th Avenue, Paramount Hill Golf, Ruko Dotcom, Paramount Plaza, Hotel Aston Paramount dan beberapa produk lainnya yang didukung oleh fasilitas pendidikan seperti Stella Maris, BPK Penabur, Tarakanita, dan Universitas Multimedia Nusantara serta pusat perbelanjaan melalui Pasar Modern Paramount, Ace Hardware, dan GIANT Hypermarket. Selain itu, bagi pecinta kuliner akan disuguhkan berbagai menu spesial dari Burger King, Dominos, Raffels, Ce Wei, Bengawan Solo, Abuba steak, Olala Cafe serta Mom & Child, RS. Bethsaida dalam layanan kesehatan. 

Dalam sepak terjang penjualan dan pemasaran perusahaan property ini dibuktikan dengan peraihan beberapa penghargaan bergengsi salah satunya Paramount Land kembali meraih penghargaan dalam ajang ‘Indonesia Digital Popular Brand Award 2017’ (IDPBA), yang berlangsung pada tanggal 28 September 2017, bertempat di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Tri Raharjo, Chairman Tras N Co Research. ‘Indonesia Digital Popular Brand Award 2017’, merupakan penghargaan paling bergengsi bagi merek-merek di Indonesia yang berhasil membuktikan popularitas mereknya di era digital berdasarkan tiga parameter pendekatan, yaitu Search Engine Based, Social Media Based, dan Website Based. Selain itu, IDPBA juga merupakan symbol popularitas dan kepercayaan konsumen di internet. 

Penghargaan ‘Indonesia Digital Popular Brand Award 2017’ diberikan kepada Paramount Land sebagai salah satu property developer yang berdasarkan survei tersebut berhasil memenuhi 2 kriteria yaitu 1. Memperoleh nilai popular minimal 10.000 Google Results dan total final skor minimal 10%, 2. Merek-merek yang menurut hasil survei berada dalam posisi 3 peringkat teratas pada kategori produknya. 

D. Analisis SWOT 
Kekuatan (strength)
  • PT.Paramount Enterprise terus berkembang
  • Memiliki SDM yang berkompetensi dan berintegritas
  • Memiliki asset yang banyak
  • Tim yang kompak dan solid
  • Atasan yang dapat mengayomi bawahannya
Kelemahan (weakness)
  • SBU yang tergantung pada holding company
Kesempatan (opportunity)
  • PT Paramount Propertindo terus mengembankan bisnis
  • Aset perusahaan
  • Reputasi perusahaan yang sangat baik
  • Beberapa bisnis unit yang kian berkembang
Ancaman (treat)
  • Laju perekonomian melambat
  • Penurunan terhadap daya beli masyarakat
  • Persaingan bisnis dari para kompetitor
  • Perusahaan serupa yang berinovasi dan melakukan diversifikasi bisnis

Referensi
  1. Paramount Land. "Info Profil Perusahaan Paramount Land". http://www.paramount-land.com/company-profile/ (diakses 11 November 2017).
  2. Bitar. 2016. Pengertian, Tujuan dan Fungsi Bisnis Beserta 5 Manfaatnya Secara Lengkap.(http://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-tujuan-dan-fungsi-bisnis-beserta-5-manfaatnya-secara-lengkap/, diakses 11 November 2017).
Terima kasih. Semoga bermanfaat. Mohon kritik dan saran untuk segala hal demi kenyaman, kelancaran, dan kemudahan bersama.

1 comment:

  1. bosan tidak tahu mesti mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^

    ReplyDelete

Bijak berkomentar, bijak pula dikomentari.

Pages