Bersegera Untuk Shalat Jumat - Triple R Magazine
Bersegera Untuk Shalat Jumat

Bersegera Untuk Shalat Jumat

Share This

Allah saw telah mewajibkan shalat jumat kepada hamba-hambanya. Allah juga memerintahkan kepada mereka untuk meninggalkan segala pekerjaan yang menyibukkan mereka. Allah swt berfirman, "Wahai orang-orang yang beriman, apabila telah diserukan shalat dihari jumat, maka bersegeralah kamu pada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual-beli. Yang demikian itu lebih bak bagimu, jika kamu mengetahui". (QS Al-Jumu'ah [62]:9)

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang berwudhu di hari Jumat dan memperbagus wudlunya, kemudian pergi menuju shalat Jumat dan mendengarkan khutbah Jumat dengan tenang, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang terletak diantara 2 hari jumat."

Diriwayatkan dari Ibn Mas'ud bahwa Rasulullah saw bersabda, "Bersegeralah kamu untuk shalat Jumat, karena Allah akan keluar menjumpai ahli surga pada tiap hari Jumat didekat kafur''. Maka kedekatan mereka kepada Allah diukur dengan kesegeraan mereka menghadiri shalat Jumat. Allah SWT akan memberikan kepada mereka sebuah karamah yang belum pernah mereka lihat sebelumnya. Mereka akan pulang kepada keluarganya dan menceritakan apa yang tlah Allah berikan kepada mereka. (Ini merupakan gambaran akan dekatnya jarak bersegera kepada ketaatan kepada Allah dengan rahmat Allah saw).

Abdullah bin Mas'ud memasuki masjid dihari Jumat sedini mungkin. Dia melihat ada dua orang laki-laki yang telah mendahuluinya. Dia pun berkata, "Ada dua orang laki-laki, dan aku adalah orang ketiga. Mudah-mudahan Allah menurunkan berkahnya kepada orang ketiga."

Jika orang yang bersegera menuju tempat shalat Jumat itu menghadapi waktu yang sudah sempit, maka tidaklah aib baginya untuk mempercepat langkah kakinya menuju tempat shalat Jumat. Jika waktunya cukup panjang maka dia cukup berjalan dengan tenang menuju tempat shalat Jumat. Bagi orang yang ingin sampai lebih dahulu di tempat shalat Jumat, maka hendaknya dia berangkat ke tempat itu sedini mungkin. 
Wallahualam.

No comments:

Post a Comment

Bijak berkomentar, bijak pula dikomentari.

Pages