Kegunaan Komputer Pada Bidang Bisnis - Triple R Magazine
Kegunaan Komputer Pada Bidang Bisnis

Kegunaan Komputer Pada Bidang Bisnis

Share This

Kegunaan komputer pada aplikasi bisnis adalah untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Informasi ini ibarat darah yang mengalir di dalam tubuh suatu perusahaan. Bila di dalam suatu perusahaan, informasi tersebut terhenti atau terhambat, maka sistem perusahaan akan menjadi lusuh (entropy). Keadaan pasar yang bersaing dan berkembang serta kompleknya suatu perusahaan, membuat informasi yang dapat diandalkan dan tepat pada waktunya, sangat pentin unutk semua tingkat manajemen. Manajemen membutuhkan informasi secara berbeda, tergantung dari tingkatannya di dalam perusahaan. Informasi yang beraneka ragam harus tepat pada waktunya dan harus tepat hasilnya, membutuhkan suatu alat pengolah data yang dapat menyediakan informasi tersebut, yaitu komputer.


Management Information System (MIS) atau Sistem Informasi Manajemen (SIM) merupakan sistem yang mengolah serta mengorganisasikan data dan informasi yang berguna untuk mendukung pelaksanaan tugas dalam suatu organisasi. Suatu sistem informasi yang sekarang banyak diterapkan perusahaan unutk menyediakan informasi yang diperlukan oleh semua tingkat manajemen.

Salah satu sistem bagian (subsystem) dari MIS adalah AIS (Accounting Information system), yaitu sistem akuntansi yang mempergunakan alat bantu komputer untuk mengolah data akuntansinya. 




Fungsi Sistem Informasi Manajemen Sesuai Tingkatan Manajer
  1. Upper management - strategic planning : Informasi untuk pembuatan kebijaksanaan dan penerapan strategi. 
  2. Middle management - middle management : Informasi untuk mengukur hasil kerja dan menetapkan tindakan pengendalian.
  3. Lower management - operational control : Informasi untuk pengawasan kegiatan operasional sehari-hari.
Referensi 
Hartono, Jogiyanto. 1999. Pengenalan Komputer. Yogyakarta: Andi.

Terima kasih. Semoga bermanfaat. Mohon kritik dan saran untuk segala hal demi kenyamanan, kelancaran, dan kemudahan bersama.

3 comments:

  1. Sebagai seorang pembisnis memang tak lepas dari komputer, tetapi di era sekarang ponsel sudah dapat dijadikan alat sebagai media menjalankan bisnis online.
    Jangan lupa mampir ke blog ane ya gan https://cuitanonline.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  2. bosan tidak tahu mesti mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^

    ReplyDelete

Bijak berkomentar, bijak pula dikomentari.

Pages