Planet - Triple R Magazine
Merkurius
Adalah planet dalam tata surya yang paling dekat dengan matahari dan planet terkecil. Diameter Merkurius 40% lebih besar daripada Bulan. Malahan ukurannya juga lebih kecil daripada bulan Jupiter, Ganymede dan bulan Saturnus, Titan Merkurius mengorbiti matahari seklai setiap 88 hari. Permukaan di Merkurius adalah lebih kurang sama dengan penglihatan dari matahari terlihat dua setengah kali lebih besar jika dibandingkan dengan penglihatan dari Bumi. Namun, karena tidak ada atmosfer, cahaya matahari tidak dapat dipancarkan.

Venus
Adalah planet terdekat kedua dari matahari setelah Merkurius. Planet memiliki radius 6.052 km dan mengelilingi matahari dalam waktu 224,7 hari. Atmosfer Venus mengandung 97% karbondioksida (CO2) dan 3% nitrogen, sehingga hampir tidak mungkin terdapat kehidupan. arah rotasi Venus berlawanan dengan arah rotasi planet-planet lain. Selain itu, jangka waktu rotasi Venus lebih lama daripada jangka waktu revolusinya dalam mengelilingi matahari. Kandungan atmosfernya yang pekat dengan CO2 menyebabkan suhu permukaannya sangat tinggi akibat efek rumah kaca. Atmosfer Venus tebal dan selalu diselubungi oleh awan.

Bumi
Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam tata surya. Diperkirakan usianya mencapai 4,6 milyar tahun. Jarak antara Bumi dengan matahri adalah 149,6 juta kilometer. Bumi mempunyai massa seberat 59.760 milyar ton, dengan luas permukaan 510 juta kilometer persegi dan diameter sepanjang 12.756 kilometer. Panjang jari-jari bumi di garis ekuator adalah 6376 km dan 6356 km di garis kutub. Perbedaan suhu permukaan bumi adalah antara -70*C hingga 55*C bergantung pada iklim setempat. Sebagian besar permukaan bumi diselimuti air (70,8%) dan sisanya merupakan daratan yang terdiri dari gunung-gunung, lembah-lembah, dataran tinggi dan rendah. Bumi mempunyai laisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindungi permukaan Bumi dari angin matahari, sinar ultra ungu, dan radiasi dari luar angkasa. Lapisan udara ini menyelimuti bumi hingga ketinggian 700 kilometer. Lapisan udara ini dibagi menjadi Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, dan Eksosfer. Bumi berotasi dari barat ke timur dan dalam sekali rotasi menempuh putara 360* dalam waktu 24 jam (sehari). Sehari dibagi menjadi 24 jam dan setahun di bumi sama dengan 365,2425 hari. Rotasi di bumi mengakibatkan terjadinya pergantian siang dan malam, gerak semu harian benda-benda langit, dan perbedaan waktu.

Mars
Mars adalah planet terdekat keempat ke matahari. Lingkungan Mars lebih bersahabat bagi kehidupan diabndingkan keadaan planet Venus. Namun begitu, keadaannya tidak cukup ideal untuk manusia. Suhu udara yang cukup rendah dan tekanan udara yang rendah, ditambah dengan komposisi udara yang sebagian besar karbondioksida, menyebabkan manusia harus menggunakan alat bantu pernafasan jika ingin tinggal di sana. Misi-misi ke planet merah ini, sampai penghujung abad ke-20, belum menemukan jejak kehidupan di sana, meskipun yang amat sederhana. Palent ini memiliki 2 buah bulan, yaitu Phobos dan Delmos. Planet ini mengorbit selama 686 hari dalam mengelilingi matahari. Dalam mitologi Yunani, Mars identik dengan dewa perang yaitu Aries, putra dari Zeus.

Yupiter
Yupiter adalah planet terdekat kelima dari matahari setelah Merkurius, Venus, Bumi, Mars. Jarak rata-rata antara Jupiter dan matahari adalah 778,3 juta km. Jupiter adalah planet terbesar dan terberat dengan diameter 14.980 km dan memiliki massa 318 kali masa bumi. Periode rotasi planet ini adalah 9,8 jam, sedangkan periode revolusi adalah 11,86 tahun. Di permukaan planet ini terdapat bintik merah raksasa. Atmosfer Jupiter mengandung hidrogen (H), helium (He), metana (CH4), dan amonia (NH3). Suhu di permukaan planet ini berkisar dari -140*C sampai dengan 21*C. Seperti planet lain, Jupiter tersusun atas unsur besi dan unsur berat lainnya. Jupiter memiliki 63 satelit, di antaranya Li, Europa, Ganymede, Calisto (Galilean moons).

Saturnus
Saturnus, planet keenam dalam tata surya kita, terkenal sebagai planet bercincin. Jarak Saturnus sangat jauh dari matahari. Saturnus berevolusi dalam waktu 29.46 tahun. Setiap 378 hari, Bumi, Saturnus, dan matahari akan berada dalam satu garis lurus. Selain berevolusi, Saturnus juga berotasi dalam waktu yang sangat singkat, yaitu 10 jam 14 menit. Saturnus memiliki kerapatan yang rendah karena sebagian besar zat penyusunnya berupa gas dan cairan. Inti Saturnus diperkirakan terdiri dari batuan padat. Atmosfer Saturnus tersusun atas gas amoniak dan metana. Hal ini tentu tidak memungkinkan adanya kehidupan di Saturnus. Hingga 2006, Saturnus diketahui memiliki 56 buah satelit alami. Tujuh diantaranya cukup masif untuk dapat runtuh berbentuk bola di bawah gaya gravitasinya sendiri. Mereka adalah Mimas, Enceladus, Tethys, Dione, Rhea, Titan (Satelit terbesar dengan ukuran lebh besar dari planet Merkurius), dan lapetus.

Uranus
Uranus adalah planet terjauh ke-7 dari matahari setelah Saturnus. Ditemukan pada 1781 oleh William Hechell (1738-1782). Uranus memiliki jarak dengan Matahari sebesar 2875 juta km. Uranus memiliki diameter mencapai 51.118 km dan memiliki massa 14,54 massa Bumi. Periode rotasi planet ini adalah 17,25 jam, sedangkan periode evolusi adalah 84 tahun. Bentuk planet ini mirip dengan bulan dengan permukaan berwarna hijau dan biru. Uranus memiliki 18 satelit alami, diantaranya Ariel, Umbriel, Miranda, Titania, dan Oberon.

Neptunus 
Neptunus merupakan planet terjauh (kedelapan) jika ditinjau dari matahri. Neptunus memiliki jarak rata-rata dengan matahari sebesar 4.450 juta km. Neptunus memiliki diameter mencapai 49.530 km dan memiliki massa 17,2 massa Bumi. Periode rotasi planet ini adalah 16,1 jam, sedangkan periode revolusi adalah 164,8 tahun. Bentuk planet ini mirip dengan bulan dengan permukaan terdapat lapisan tipis silikat. Komposisi penyusun planet ini adalah besi dan unsur berat lainnya. Planet Neptunus memiliki 8 buah satelit, di antaranya Triton, Proteus, Nereid, dan Larissa.

No comments:

Post a Comment

Bijak berkomentar, bijak pula dikomentari.

Pages